Featured Post

WALAU TAK DIKENAL MANUSIA



MENJADI PRIBADI YANG TULUS


Menjadi pribadi yang baik dengan tulus nyatanya susah, setiap kebaikan sekecil apapun itu inginnya ada orang lain yang mengakui setidaknya ada yang memuji. Sungguh hati yang miskin terlalu berhasrat akan pengakuan lalu lupa akan hapusnya amalan dalam sekejap bahkan bisa jadi dosa yang didapat bukan pahala dalam berbuat kebaikan karena ingin dilihat orang.


Aku ceritakan kisah tentang seorang yang tak dikenal namun karena sebabnya dan tentunya atas kehendak Allah lahir dari kebaikannya ulama yang akan dikenal karena bukunya dan kisahnya menuntut ilmu dari gurunya yang juga sangat masyhur ditengah kaum muslimin 


Ia adalah Syaikh Hamad bin Atiiq rahimahulloh, diwaktu mudanya ia sangat rajin ke masjid dan jama'ah masjid mengenal dengan baik anak ini, tibalah hari dimana ayahnya meninggal, sedang dia masih kecil. Mulailah dia jarang terlihat di masjid lagi. Para jama'ah masjid merasa ada yang kurang dan mencari-cari dimana anak ini.


Datanglah seseorang  kerumah ibundanya dan bertanya : dimana anakmu wahai ibu? Sang Ibu menjawab : sungguh semenjak sang Ayah meninggal kehidupan kami begitu sulit maka dia berbekal untuk pergi ke Kuwait mudah-mudahan ia mendapat dari dunia untuk bisa memenuhi kebutuhan kami. 

Maka berkata Seorang yang Sholih ini : 


مثله لا يصلح لطلب الدنيا ولكن لطلب العلم 


"Anak seperti dia tidak cocok untuk mencari dunia (bekerja) akan tetapi harusnya dia menuntut ilmu"

Pantasnya dia belajar ke Riyadh belajar bersama Syaikh Abdur Rahman bin Hasan, aku akan membiayainya untuk belajar disana dan membiayaimu memenuhi kebutuhanmu.


Maka berangkatlah anak ini belajar dan bermulazamah kepada Syaikh Abdur Rahman bin Hasan dan fokus dalam menuntut ilmu sehingga ia menjadi ulama dan murid yang sangat dibanggakan oleh Syaikhnya. Dan menjadi Hakim setelah itu. 


Bagaimana seorang yang shalih tadi yang tak diketahui oleh manusia, namun menjadi sebab diantara sebab tersebarnya ilmu yang bermanfaat dan manusia mengambil manfaat dari anak kecil yang ia biayai untuk belajar tersebut.


========================================
Kisah ini diceritakan oleh Syaikh Sholih bin Hamad al Ushoimy hafidzahullah saat berceramah membahas kitab "Fathul Majid Syarah Kitabut Tauhid" milik Syaikh Abdur Rahman bin Hasan rahimahullah 











Ditulis oleh : Aditya Bahari semoga Allah mengampuni dosanya dan kedua orang tuanya

No comments for "WALAU TAK DIKENAL MANUSIA"