Featured Post

MENCARI SEPERCIK SINAR KESABARAN



Pentingnya cahaya mercusuar bagi kapal untuk menandai agar tidak menabrak karang, kebutuhan seorang pencari belut dimalam hari pada cahaya lampu untuk menyinari, Perlunya cahaya bagi supir bus dimalam hari agar bisa mengantar sang musafir dengan selamat sampai tujuan yang diingini.

SABAR ADALAH SINAR

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya : "...Dan Shalat adalah cahaya, sedekah adalah bukti dan sabar adalah sinar.." [HR. Muslim]

Sabar layaknya sinar (dhiyaa') yang panas, karena kesabaran itu ada panasnya ada pula pahitnya, karena ia sangat berat bagi manusia, maka dari itu Allah jadikan shalat adalah cahaya dan sabar adalah sinar karena hal yang berat dan kepayahan yang menyelimuti keduanya sebagaimana dikatakan

"Sabar itu seperti namanya pahit rasanya, akan tetapi dampaknya lebih manis dari madu"
(Dinukil dari syarah Arba'iin An Nawawiyyah Syaikh Utsaimiin hlm 275).

Ketika Allah menciptakan Matahari Allah menjadikannya sebagai (dhiyaa') sinar yang panas

Allah Subhaanahu Wa Ta'aala berfirman yang artinya :"Dialah yang menjadikan matahari bersinar, dan bulan bercahaya... (Qs Yunus 5).

Jadi, sinar disini karena terkandung makna panas, sesuatu yang sulit dan butuh mujahadah (perjuangan) dalam mengamalkannya. begitulah sabar, akan pahit dirasa namun, ada pahala besar dibelakang yang tak terkira.

Apa maksudnya pahala tak terkira? ia sabar itu pahalanya saking besarnya sampai-sampai Allah Subhaanahu Wa Ta'aala berfirman yang artinya : "Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas". (Qs Az Zumar 10)

Syaikh As Se'dii rahimahullah berkata yang artinya : "Ini mencakup segala bentuk sabar, sabar terhadap takdir Allah sehingga tidak marah, sabar dari berbuat maksiat maka ia tidak terjerumus didalamnya, dan bersabar diatas ketaatan kepada Allah, hingga ia melakukan ketaatan pada-Nya.
maka Allah menjanjikan kepada orang-orang yang bersabar pahala mereka tanpa batas, itu semua tidak lain kecuali karena keutamaan sabar dan kedudukan sabar disisi Allah, dan bahwasanya sabar itu membantu dalam segala perkara. (Tafsir As se'di)

Jika kamu ingin sampai ditepi jalan ditengah kondisi gelap malam dan hanya ada sinar dari obor untuk sampai di tepi, maka akan kamu pegang erat dan tak akan kamu lepas.
Jika kamu ingin mendapat pahala yang tak terbatas untuk setiap ujian dan cobaan yang menimpamu maka kesabaran adalah pilihan untukmu.

Bersabarlah kamu yang dirundung duka, diselimuti pilu dan di dera luka.
Berbahagialah dengan pahala sabar yang menanti dan akibat manis yang akan kau rasa.
Semoga Allah jadikan kamu dan kita semua sebagai hamba-hamba-Nya yang bersabar.


***
Diselesaikan di Pulogebang, Cakung, Jaktim Rabu Pagi 1 Sya'ban 1441 H

Penulis : Aditya BAhari

#Writefromhome
#Day2

2 comments for "MENCARI SEPERCIK SINAR KESABARAN"

Post a comment