Featured Post

MENGELUH KEPADA ALLAH



Ada yang memulai hari dengan tekad kuat, hatinya siap dan badannya pun tegap menyongsong hari dengan penuh semangat. Adapula yang memulai hari dengan apa adanya mengalir begitu saja dan berharap ada keberuntungan hadir di hari ini.

Saat kamu memulai harimu, kamu tipe yang mana? semoga kamu adalah dia yang selalu semangat dan penuh dengan impian-impian indah yang akan kamu mulai dengan beramal. 
Seharusnya memang seperti itu sikap seorang muslim, ia tidak membiarkan waktu dan kemalasan menghancurkan mimpi-mimpinya, menunda keberhasilannya. Terlebih ia tahu waktu terus berlalu tidak dapat ditunda walau sesaat.
iya walau sesaat.

Allah Subhaanahu Wa Ta'ala berfirman yang artinya : "Dan setiap umat memiliki ajal (batas waktu), dan apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sasaatpun". (Qs Al-A'raf 34)

MOTIVASI UNTUK BERSEMANGAT PADA HAL YANG BERMANFAAT 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Bersemangatlah pada perkara-perkara yang bermanfaat bagimu, dan mintalah pertolongan kepada Allah" [HR.Muslim].

Mungkin timbul pertanyaan. Mana bisa setiap hari semangat? katanya hidup itu ujian?
Kalau seorang sedang bersedih, berduka bagaimana ia akan semangat menjalani hari-harinya? 
apalagi ditinggal orang-orang tersayangnya. 

Jika seorang tertimpa musibah baik itu ketakutan, kekurangan makanan ditinggal orang tersayang, maka kesabaran adalah kuncinya dan obatnya.

Baca juga : Hati yang lapang

Allah berfirman kepada nabi-Nya:'Dan bersabarlah (Muhammad) dan kesabaranmu itu semata-mata dengan pertolongan Allah dan janganlah engkau bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan jangan bersempit dada terhadap tipu daya yang mereka ucapkan" (Qs An Nahl 127).

Sabar bukan berarti kamu mengeluh kepada manusia, yang belum tentu bisa memberikan solusi, disaat tertimpa musibah, kesempitan hidup, kekurangan riski, didzalimi dan seterusnya dari macam gangguan

Maka saat mengeluh, keluhkan masalahmu kepada Allah, pun saat kamu bersemangat dalam beramal jangan lupa meminta pertolongan Allah agar berberkah sebagaimana hadits diatas.

SEMANGAT DALAM KEBAIKAN SIFAT PARA NABI

Para Nabi dan Rasul selalu bersemangat dalam kebaikan, bersamaan dengan itu selalu mengeluh kepada Allah dengan penuh ketundukan dan kekhusyu'an

Allah Subhaanahu Wa Ta'aala berfirman yang artinya :"Sesungguhnya mereka (para nabi) adalah orang-orang yang selalu bersegera (berlomba-lomba) dalam (mengerjakan) kebaikan dan mereka selalu berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan takut. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' (dalam beribadah)" (QS Al-Anbiyaa' 90).

Nabi Yakub mengeluh kepada Allah saat kehilangan putra tercintanya Yusuf

"Dia (Yakub) menjawab, “Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku." (Qs Yusuf 86).

Sungguh sikap yang indah apabila terhias pada dirimu, selalu bersemangat dalam kebaikan, dan apabila datang masalah dan ujian tidaklah mengeluh kecuali kepada Allah Yang Maha Kaya dan Maha Mampu.




***

Diselesaikan pagi hari di Pulogebang, Cakung, Jaktim 3 Syaban 1441 H

#Writefromhome
#Day 

2 comments for "MENGELUH KEPADA ALLAH"

Post a comment