Featured Post

PEMBERIAN TERBAIK DAN TERLUAS



PEMBERIAN MANUSIA 

Pemberian adalah bentuk kepedulian dan kasih sayang. Banyak hati-hati yang bersedih berubah menjadi gembira karenanya. disaat kondisi sempit dan terpojokkan oleh keadaan, pemberian terbaik adalah untuk mereka yang membutuhkan, menjadikan Si pemberi lapang dadanya merasakan besarnya nikmat yang ia terima. Begitu juga yang menerima, walau tak bisa membalas serupa kelak, namun doanya terpanjat kepada Rabb pemilik segala kenikmatan dan kasih sayang. Mudah bagi Allah untuk melipatgandakan dan menjadikannya berkah.

Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata : "Bahwasanya pada sedekah dan berbuat baik itu terdapat pengaruh yang luar biasa dalam kelapangan dada" (dinukil dari Zaadul Ma'aad) saat menjelaskan tentang sifat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Itu baru pemberian antara sesama makhluk, lalu bagaimana pemberian Rabbul Makhluk (Allah) Subhaanahu Wa Ta'aala. 

NIKMAT ALLAH BANYAK TAK BERBILANG

Allah Subhaanahu Wa Ta'aala berfirman yang artinya : "Dan Jika kamu menghitung nikmat-nikmat Allah (atasmu) niscaya (kamu) tidak akan mampu menghitungnya". (QS Ibrahim 34).

Namun yang menjadi masalah, banyak yang tidak bersyukur, dan bahkan mengganti nikmat dengan kekufuran dan tak taat Wal Iyyadzubillah. Allah memberimu keluarga yang mencintaimu, menghadirkanmu teman dan sahabat yang menemanimu. memberikan senyuman dalam kesedihanmu, maka hendaknya itu menjadi pengingat dirimu dan diriku tentunya, untuk senantiasa bersyukur. Alhamdulillah

PEMBERIAN TERBAIK DAN TERLUAS

Meskipun tidak semua nikmat bisa kamu sebutkan dan syukuri dan itu tak akan mungkin, tapi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan bentuk pemberian Allah atas hamba yang paling baik dan paling luas yang bisa menjadikanmu lebih bersyukur jika Allah berikan ini untukmu beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Barangsiapa yang bersabar Allah akan sabarkan dia, dan tidak ada pemberian Allah yang lebih besar dan lebih luas daripada kesabaran". [HR.Bukhari dan Muslim].

Manusia hidup tak lepas dari ujian setiap harinya, merasakan lelah, badan yang sakit, kondisi hati yang gelisah itu semua butuh pada kesabaran untuk menyikapinya, agar lelahnya berpahala, agar sakitnya meninggikan derajatnya, agar gelisahnya menjadi penggugur dosa, dan Allah menjadikan kesabaran adalah pemberian yang paling baiknya dan yang paling luasnya

Semoga Allah berikan kamu dan kita semua pemberian terbaik dan terluas ini, dan senantiasa mensyukurinya

NIKMAT BERTAMBAH DENGAN BERSYUKUR

Allah Subhaanahu Wa Ta'aala berfirman yang artinya :
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”(Qs. Ibrahim 7).

Wallahu a'lam


***
Diselesaikan di pagi hari Pulogebang, Cakung, Jaktim 2 Rajab 1441 H

#Writefromhome
#Day3

No comments for "PEMBERIAN TERBAIK DAN TERLUAS"