Featured Post

SABAR DAN TAK MARAH



Menjadi seorang yang sabar memang membutuhkan perjuangan, adakalanya kamu mampu menahannya, berusaha menyembunyikannya dari orang-orang tersayangmu agar mereka tak bersedih. Namun orang-orang yang sayang kepadamu tak terima karena kepeduliannya dan perhatiaannya sama kamu.

Aku tahu saat itu kamu dipandang sangat lemah, dirasa rendah? Justru sejatinya kamu sedang memenangkan pertandingan orang yang mengalah, bersabar itu tidak selalu lemah dan kalah tapi ia ingin mendapatkan pahala yang besar jika dia mampu menahan amarahnya padahal dia mampu melampiaskannya.

ALLAH MEMUJI HAMBA-NYA YANG MENAHAN AMARAH
Allah Subhaanahu Wa Ta'aala memuji orang-orang menghindarkan diri dari amarah,
dan mensifati dengan sifat-sifat orang beriman

"Dan orang-orang yang menahan amarahnya" (Qs Ali Imran 134)

 juga Firman Allah Ta'aala :
"Dan orang-orang yang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji dan apabila mereka marah mereka memaafkan". (Qs Asy Syuuro 37).

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam saat ada seorang sahabat meminta wasiat kata beliau "Jangan kau marah" terus ditanya seperti itu beliau menjawab : "Jangan Marah" [HR. Bukhari].

Merasa kuat dan hebat, berani dan melukai orang lemah, menindas orang yang lebih muda? tidaklah orang yang hebat adalah yang demikian keadaannya.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Bukanlah orang yang kuat (yang sebenarnya) orang yang selalu menang dalam perkelahian, tapi orang yang kuat adalah dia yang bisa menahan dirinya saat marah" [HR Bukhari Muslim].

Jika rasa amarah itu muncul pada dirimu segeralah lakukan ini, mudah-mudahan amarahmu berubah menjadi sebab ditinggikan derajatmu dan mulianya dirimu dihadapan manusia, dan tidak melampiaskan amarah sesukanya tanpa ada pertimbangan akhirnya kamu tak sabar dan menghancurkan usaha yang telah kamu bangun sejak lama.

TIPS SAAT KAMU MARAH

PETAMA :
Merubah posisi jika kamu marah dalam keadaan berdiri hendaknya duduk, jika masih tidak hilang hendaknya kamu rebahan.

KEDUA :
Minta perlindungan kepada Allah dari setan  dengan mengucap A'uudzubillahi minasy syaithoonir rojiim

KETIGA :
Berwudhu

Hiasilah dirimu dengan kelemah lembutan, pemaaf dan penyayang
Semoga Allah memberi kamu taufik



By : Aditya Bahari 

No comments for "SABAR DAN TAK MARAH"