Featured Post

TULISAN KEHIDUPAN



Saat muncul pertanyaan : "Jika kamu diberi kesempatan untuk menulis satu buku saat hidup buku tentang apa yang kau tulis?"

Pikiranku langsung tertuju kepada Imam An Nawawi  Asy Syaafi'i rahimahullah rahmatan waasi'ah. Mungkin beliau hanya hidup setengah Abad. Usia rata-rata umat nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam pun belum sampai.

UMUR UMAT NABI MUHAMMAD

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Umur umatku antara 60 hingga 70 tahun, dan sedikit yang lebih dari umur tersebut" [HR. Ibnu Majah: 4236, Syaikh Albani mengatakan ; hasan shahih].

Namun Allah benar-benar memberkahi Imam An Nawawi rahimahullah. Coba kau cari di rak almarimu atau milik ayahmu, barangkali buku beliau ada dibalik almarimu, buku yang dibeli ayahmu dulu. yang ternyata sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum lahirmu.

Kitab Riyadhus Shalihiin, Kitab Al Arba'iin An Nawawiyah. mungkin saat ini kamu mengatakan Oh iya saya tahu.

Imam An Nawawy menginggal diusianya yang masih 47 th an. Namun karyanya sampai sekarang masih kamu nikmati, di syarah dari generasi ke generasi, dan mungkin akan tetap sampai waktu yang lama.

BUAH IKHLAS DALAM MENULIS

Buku yang memuat 42 hadits tentang pondasi-pondasi agama, yang Syaikh Abdur Razaq al badr hafidzahullah saat mensyarah kitab ini, beliau hafidzahullah berkata : "Aku tidak menemukan kitab yang semacam ini sebelumnya dan kemungkinan akan susah disamai, karena penulisan yang baik, pemilihan hadits yang sesuai, di akhir kata beliau hafidzahullah berkata : "Allah yang menjadikan kitab ini diterima, mungkin karena keikhlasan beliau Imam Nawawy saat menulis kitab ini".

Di dunia percetakan saat ini yang semakin merebak dan menjamur, banyak buku-buku dicetak, namun banyak juga yang tak laku di pasaran, selain untuk tujuan konsumtif dan selalu mengikuti kondisi pasar, akhirnya banyak penulis yang hanya mengikuti zaman itu, dan cenderung tidak mau mengambil resiko untuk buku yang nantinya takut tidak laku dipasaran.

Namun Aku ingat saat belajar kelas menulis juga, bahwa setiap tulisan akan memiliki pembacanya.

maka dengan seminim pengalaman dan sedikitnya ilmu, aku mencoba tetap konsisten dengan tema dalam tulisanku.

BUKU SEDERHANAKU

Aku hanya ingin menulis buku tentang Agama Islam, terlebih buku-buku doa dan dzikir.
Indahnya menulis ini secara tidak langsung kalau kamu membaca tulisanku, kamu minimal sudah bershalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. belum lagi jika tulisan sederhana ini menginspirasi seseorang untuk beramal kebaikan yang aku sampaikan.

Lebih indah lagi saat seorang berubah hidupnya menjadi baik karena Allah memberi hidayah lewat tulisanku.
Atau minimal tulisanku akan mengingatkanku di saat lalai dan lemah iman saat aku masih hidup. Jika aku sudah mati aku hanya berharap setidaknya aku tidak meninggalkan jejak kecuali kebaikan. semoga bisa menambah pahala untukku walau raga sudah tidak dapat digerakkan, lisanpun tak sampai untuk menasehati.





***
Diselesaikan malam hari di Pulogebang, Cakung, Jaktim 12 Syaban 1441 H


#Writefromhome
#Day13