Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
BERBAGI MANFAAT LEWAT TULISAN

IKHLASLAH DALAM BERTANYA

 


"Aku mengira Wallahu Ta'aala A'lam niat dari penanya jujur, maka Allah Azza Wa Jalla memberkahi pertanyaannya ini. dan ini merupakan keberkahan yang besar yang membuahkan buku yang agung. Allah memberi manfaat kepada umat dan manusia dengan buku ini.

Dari sini kita mendapat faedah, hendaknya seorang itu ikhlas terhadap dirinya dan orang lain terutama pada bab ini yaitu bertanya. Oleh karena itu jika kamu melihat pada buku-buku Ahli Ilmu (para Ulama) bahkan kebanyakan darinya kamu dapati kebanyakan sebab penulisan buku adalah  dari pertanyaan yang berberkah, maka niat yang ikhlas dalam bertanya dan tujuan yang baik dalam bertanya memiliki buah yang akan kembali kepada penanya sendiri dan juga kepada orang lain kaum muslimin.

dan jika pertanyaan tadi menjadi sebab dalam jawaban, maka dia juga dapat bagian dari pahala serta ganjaran, Karunia Allah Tabaaroka Wa Ta'aala begitu besar dan pemberian-Nya begitu mulia, maka pertanyaan dan rasa sakit (akibat dosa) dari penanya tadi menjadi sebab penyampaian pertanyaannya dan keluhannya terhadap kondisinya dan keinginannya dalam mendapati wasilah untuk lepas dan selamat dari penyakit yang sudah menjadi candu ini, serta keinginan untuk lepas darinya, maka Ibnul Qoyyim rahimahullah menjawab dengan jawaban ini 

Dan yang diharapkan  yang pertama kali mendapat manfaat adalah penanya kemudian Allah memberi manfaat kepada manusia dengan jawaban ini."



=================

Untaian Nasehat Ulama 

Faedah Syaikh Abdur Rozzaq Al-Badr hafidzahullah 

Alih Bahasa: Aditya Bahari

Post a comment for "IKHLASLAH DALAM BERTANYA"